Lompat ke isi utama

Berita

Memperingati Kemerdekaan RI Ke-74, Bawaslu Siak Laksanakan Upacara Kemerdekaan

SIAK-Pimpinan Bawaslu Kabupaten Siak beserta segenap jajarannya, Sabtu (17/8/2019) tepat pukul 08.00 melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 di halaman Gedung Kantor Sekretariat Bawaslu Siak Jl. Panglima Ghimbam, Kompleks Perumahan Jabatan, Siak. Apel yang berlangsung dalam suasana penuh hidmat. Bertugas sebagai Inspektur Upacara adalah Ketua Bawaslu Kabupaten Siak , Moh. Royani. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak, Khairuddin.

Foto : Laporan Komandan Upacara Kepada Inspektur Upacara

Dalam kesempatan itu hadiri Anggota Bawaslu Kabupaten Siak lainnya, yakni Ahmad Dardiri, Salmon Daliyoto, Sriyanto, Zulfadli Nugraha TP, Koordinator Sekretariat Suhartoyo, serta seluruh staf PNS, dan non PNS Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak.

Foto : Anggota, Koorsek, Bendahara Pembantu Bawaslu Kabupaten Siak

Rangkaian upacara diawali dengan persiapan barisan, penghormatan kepada komandan upacara, penghormatan kepada inspektur upacara, laporan komandan upacara, pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya, pembacaan teks proklamasi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Sriyanto, pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945, lalu diakhiri pembacaan do’a.

Ketua Bawaslu Kabupaten Siak Moh. Royani pada saat menyampaikan amanat tertulis Ketua Bawaslu RI, Abhan, menegaskan, bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu merupakan bagian penting dari perjalanan demokrasi bangsa. Meskipun kehadiran Bawaslu baru dimulai 11 tahun yang lalu, namun semangat untuk memimpin dan mengawasi pemungutan suara (Pemilu, red) sebagaimana pernah disampaikan Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Sukarno, perlu dibangun dalam satu organisasi yang kuat dan mandiri.

Foto : Ketua Bawaslu Kabupaten Siak menyampaikan Amanat Tertulis Ketua Bawaslu RI

“Saya ingin mengajak kita semua meneguhkan semangat pendiri bangsa Indonesia, bahwa pengawasan Pemilihan Umum merupakan amanah luhur dalam mengawal demokrasi yang maju bagi bangsa Indonesia,” sebut Moh. Royani sebagaimana amanat tertulis Ketua Bawaslu RI, Abhan.
Lebih lanjut dikatakan, bahwa organisasi pengawas Pemilu membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia dari jajaran pimpinan sekretariat Bawaslu yang berintegritas dan profesional. Dan mengutip pesan dari Proklamator RI, Muhammad Hatta, bahwa “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.”
Inti dari pesan tersebut ialah Bawaslu harus diisi dan dikembangkan oleh orang-orang yang jujur, berintegritas dan profesional dalam perannya yaitu memajukan demokrasi bangsa Indonesia.

“Apabila sumber daya manusia Bawaslu kita kurang cerdas, maka kita harus belajar. Apabila sumber daya manusia Bawaslu kita kurang cakap, maka kita tingkatkan dalam pengalaman pengawasan Pemilu dan penegakan hukum Pemilu. Namun apabila sumber daya manusia Bawaslu kita tidak jujur, maka kita akan sulit memperbaikinya dan bahkan akan merusak demokrasi Indonesia,” Kata Moh. Royani lagi.

Sempena peringatan hari kemerdekaan RI ke 74 tahun ini, sebagaimana amanat Ketua Bawaslu RI, Abhan, Moh. Royani juga menegaskan bahwa bangsa Indonesia telah melalui episode perjalanan demokrasi yang makin menantang untuk berkemajuan. Pemilu serentak tahun 2019 telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan sukses. Meskipun banyak kendala yang ditemui dalam pelaksanaan tugas sebagai pengawas Pemilu, namun tidak menyurutkan semangat untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil dan demokratis.

Begitu juga tantangan berikut bagi Bawaslu di daerah, yakni dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, maka agenda demokrasi ini tidak kalah besar bagi bangsa Indonesia. Tercatat sebanyak 270 pemilihan kepala daerah akan serentak diselenggarakan tahun depan. Oleh sebab itu, tantangan ini diharapkan tidak boleh menjadi aral dan melemahkan semangat bagi jajaran pengawas Pemilu di daerah dalam mengawal dan mengawasi proses penyelenggaraannya.

Foto : Komandan Upacara dan Inspektur Upacara

Usai meneyelenggarakan Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-74 di lingkungan Bawaslu Kabupaten Siak, Ketua Bawaslu Kabupaten Siak bersalaman dengan Komandan Upacara dan mengucapkan terimakasih atas terlaksananya upacara tersebut dengan tertib dan sukses.

Foto : Pimpinan, Koorsek, dan Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak

Seluruh Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak beserta Ketua dan Anggota, dan Koorsek Bawaslu Kabupaten Siak melakukan sesi foto bersama.(humas/Spt)

Tag
BERITA