Lompat ke isi utama

Berita

1.365 Pengawas TPS di Kabupaten Siak Dilantik, Jadi Ujung Tombak Bawaslu Awasi Pemilu 2024

ketua bawaslu-pelantikan PTPS

Ketua Bawaslu Siak, Zulfadli berikan Penguatan kepada Pengawas TPS yang dilantik (Kerinci Kanan, 22/01/2024)

SIAK – Sebanyak 1.365 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kabupaten Siak resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Setelah dilantik, 1.365 Pengawas TPS langsung diberikan pembekalan terkait tugas, kewajiban Pengawas TPS. Sesuai dengan timeline yang diberikan Bawaslu RI, Pelantikan dan Pembekalan Pengawas TPS ini dijadwalkan 21-22 januari 2024.

“Dari 14 Kecamatan, Kecamatan Sungai Mandau dan Kecamatan Pusako tercatat telah melangsungkan pelantikan dan pembekalan Pengawas TPS 21 Januari. Sedangkan 12 Kecamatan lainnya melangsungkan Pelantikan dan Pembekalan 22 Januari,” kata komisioner Bawaslu Siak divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Organisasi dan Diklat Harlen Manurung, Senin (22/1/24).

Harlen mengatakan, satu di antara bagian penting dan krusial keberadaan pengawas pemilu adalah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

“Pengawas TPS ini yang berhadapan langsung dengan puncak dari serangkaian tahapan Pemilu yakni proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara”katanya

dikatakannya keberadaan Pengawas TPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Tentu Pengawas TPS yang aktif dan progresif, mengerti tugas dan wewenangnya sehingga memaksimalkan perannya dengan baik,” katanya.

Pengetahuan dan Keterampilan Pengawas TPS menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan dan penghitungan suara.

“PTPS ini adalah ujung tombak bagi Bawaslu yang ada di tingkat TPS. Berhasil atau tidaknya, sukses atau tidaknya Pemilu itu salah satunya bergantung pada kerja-kerja cermat Pengawas TPS”. Pungkas Harlen

5 Pimpinan Bawaslu Siak termasuk Kepala Sekretariat Bawaslu Siak berbagi tugas agar dapat menjangkau keseluruhan Kecamatan untuk bertemu dan bertatap muka sekaligus memberikan Penguatan kepada Pengawas TPS.

Ketua Bawaslu Siak, Zulfadli Hadir di Kecamatan Pusako, Siak, dan Kerinci Kanan. 4 pimpinan lainnya diantaranya Ikhsan Parulian Harahap hadir di Kecamatan Mempura, Koto Gasib, dan Tualang, Ahmad Dardiri hadir di Kecamatan Sabak Auh dan Bunga Raya, dan Sungai Apit. Andi Susilawan hadir di Kecamatan Dayun dan Lubuk Dalam,  Sedangkan Harlen Manurung hadir bersama Kepala Sekretariat Rizki Kurniawan di Kecamatan Minas dan Kandis.

harlen sambutan PTPS
Dardiri Pelantikan PTPS
Andi Pelantikan PTPS
ikhsan pelantikan PTPS

Dokumentasi Pimpinan Bawaslu Saat memberikan Arahan Kepada Pengawas TPS yang telah dilantik, Harlen (pertama dari kiri), Dardiri (Kedua), Andi (ketiga), Ikhsan (keempat)