Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Riau Adakan Rapat Koordinasi Dalam Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Adhoc Tahun 2024

Bawaslu Siak, Pekanbaru - Hari ini, Kamis (18 Agustus 2022) Bawaslu Riau mengadakan Rapat Koordinasi Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu 2024 di Aula Bawaslu Provinsi Riau.

Kegiatan ini dihadiri oleh 5 Komisioner Bawaslu Provinsi Riau dan dibuka oleh Bapak Rusidi Rusdan selaku Ketua Bawaslu Provinsi Riau.

Pada saat itu, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Riau, Hasan, M.Si menjadi Narasumber pada kegiatan ini, kegiatan tersebut dimaksudkan guna mempersiapkan Bawaslu Kab/Kota se-provinsi dalam perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan pada Pemilu Tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh Kordiv. SDM dan Organisasi, Kepala secretariat dan 2 Orang Staf se-Provinsi Riau.

pada pembahasan, Bapak Hasan menyampaikan rancangan petunjuk tenis terkait pembentukan Panitia Pengawas Pemilu 2024 yang diberikan oleh bawaslu RI bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persyaratan calon anggota Panwaslu kecamatan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintah, dan atau badan usaha milik Negara/badan usaha milik daerah pada saat terpilih.
  2. Bersedia kerja penuh waktu
  3. Tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar.
  4. Tidak pernah dipidana
  5. Bebas dari penyalahgunaan narkotika

Harapan Koriv SDM dan Organisasi Bapak Zulfadli bahwa dari beberapa poin yang sampaikan, Bawaslu RI segera memberikan intruksi perihal Juknis ataupun Pedoman pembentukan Panitia Pengawas Pemilu 2024.

Diakhir acara, Hasan, M.Si menegaskan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau agar dapat melaksanakan pembentukan ad hoc dengan lancar dan memenuhi kebutuhan setiap per-kecamatan di masing-masing kabupaten/kota. Karna tahapan pembentukan pengawas ad hoc ini akan dibuka dan dilaksanakan dalam bulan ini juga, perkiraan sosialisasi yang akan dibuka bulan agustus ini sampai dengan pelantikan di bulan oktober 2022 ini.

Penulis : Kiki
Editor : Erni

Tag
BERITA