Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Siak Goes To Campus and School, Menyapa Ponpes MIFTAHUL QUR’AN AL-ISLAMI

SIAK - Bawaslu Kabupaten Siak melalui program kegiatan “Bawaslu Goes To School” kembali hadir untuk memberikan pendidikan seputar wawasan kepemiluan kepada Pemilih Pemula yang diyakini akan turut serta memberikan hak pilihnya pada Pemilu/Pemilihan serentak tahun 2024 yang akan datang.

Kegiatan yang ditaja Bawaslu Kabupaten Siak kali ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Al-Islami yang terletak di salah satu Wilayah Kabupaten Siak tepatnya di Kecamatan Kerinci Kanan, Pada (Kamis, 10/03/2022)

Bertindak selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani turun langsung sebagai narasumber dan turut didampingi Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak beserta Alumni SKPP dan Kader Kampung Pengawasan Kabupaten Siak.

Sambutan hangat dan antusias dari KH. Adam Malik selaku pimpinan Pondok Pesantren dan para santriwan dan santriwatinya yang terlihat senang dan penuh semangat untuk mendengarkan dan mendalami pengetahuan mengenai Pemilu dan Pilkada.

Rangkaian acara yang dibuka secara langsung sekaligus arahan dan penyampaian materi oleh Ketua Bawaslu Siak, Moh Royani. Pada kesempatan itu, Moh. Royani banyak menjelaskan mengenai apa itu Bawaslu, Pemilu dan Pilkada kepada para santri dan santriwati.
“Pemimpin dan Pemerintahan akan menjadi bermanfaat dan selalu mendatangkan keberkahan bagi masyarakat, maka jadilah pemilih yang cerdas”. Bunyi salah satu ungkapan yang menarik Beliau tuturkan dihadapan peserta.

Generasi muda terutama khususnya untuk pemilih pemula yang rentan dan banyak menjadi sasaran praktik politik uang dalam penyelenggara pemilu dan pilkada. Salah satu penyebab pemilih pemula menjadi sasaran politik uang adalah kurangnya pemahan terhadap pendidikan politik sejak dini.

"Hal inilah yang menjadi sebuah upaya dan pendorong Bawaslu Siak dalam hal memberikan pendidikan politik dan kepemiluan kepada Siswa sebagai pemilih pemula, agar adik-adik memahami hakikat dari domkrasi dan dapat mejadi karakter pemilih yang baik dan cerdas”. Ujar Royani.

Diakhir arahannya, tak lupa Moh Royani menghimbau dan mengajak pada Santriwan/Santriwati untuk berpartisipasi aktif menjadi Pengawas Partisipatif pada penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan tahun 2024. “Mari kita songsong Pemilu dan Pilkada 2024 menjadi pemilih yang baik dan cerdas, memilih calon pemimpin yang baik dan tidak mengiming-imingkan masyarakat dengan uang” tutup Moh. Royani

Untuk diketahui, ini merupakan Kunjungan ke 2 (dua) setelah yang sebelumnya telah dilaksanakan “Bawaslu Goes to Campus” di STAI SUSHA Siak Sri Indrapura beberapa waktu lalu dan Bawaslu Kabupaten Siak akan terus berkomitmen memberikan pendidikan dan wawasan kepemiluan di Kampus dan Sekolah – Sekolah di Wilayah Kabupaten Siak.

Penulis : Novia Fatriyani
Editor : Erni

Tag
BERITA