Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Siak Ikuti "PELUNCURAN SERENTAK MEJA BANTUAN PEMANTAU PEMILU 2024" di Bawaslu RI

Bawaslu Siak - Bawaslu Kabupaten Siak ikuti Peluncuran Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Republik Indonesia dikantor Sekretariat Bawaslu RI di Jl. MH. Thamrin No. 14 Jakarta Pusat melalui live streaming Youtube Bawaslu RI, hari ini (Jum’at, 10/06/2022)

Kegiatan Tersebut dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

dalam sambutannya Rahmat mengatakan “Urgensi meja layanan pemantau pemilu ini ialah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan uu 7 tahun 2017 tentang Pemilu, maka pendaftaran dan akreditasi pemantau pemilu ada pada badan pengawas pemilu untuk pemilu 2024. Oleh sebab itu, semakin cepat semakin baik, sehingga para pemantau dapat mengawasi tahapan yang pertama yaitu pengawasan terhadap perencanaan anggaran, pengawasan terhadap pendaftaran partai politik sebagai peserta pemilu”. katanya

“Pemilu akan segera dimulai, 14 juni 2022 tahapan pemilu sudah akan dimulai dan kita juga akan menghadapi Pilkada serentak seluruh indonesia. Dengan demikian, tugas pemantau akan menjadi lebih berat lagi, oleh sebab itu kami menyediakan meja layanan pemantau pemilu tahun 2024 sehingga teman-teman pemantau ketika melakukan pendaftaran dan akreditasi akan terbantu”. tambahnya

Kata bagja, “ini lebih cepat dari pada yang seharusnya, karena kedepan pemantau akan sangat diperlukan oleh bawaslu. kami bertugas mengawasi, mencegah dan menindak, pemantau bertugas mengawasi proses tahapan pemilu yang sudah dimulai 14 juni 2024”.

Diakhir sambutannya, bagja mengharapkan “Semoga demokrasi indonesia dengan adanya pemantau akan mejadi lebih baik, terhindar dari politisasi sara, hoaks, fitnah, dan berita bohong. Dan semoga kita menghadapi pemilu 2024 yang lebih sejuk dibandingkan pemilu 2019”.

“Kami harapakan semua perserta partai politik saling mengutamakan persatuan dan kesatuan dan nasional diatas kepentingan golongan. Inilah yg paling penting menjadi dasar kita membangun demokrasi di indonesia ini sesuai dengan amanah para pendiri bangsa yang menginginkan indonesia lebih maju dalam hal penyelenggaraan demokrasi”. Tutupnya

Ketua dan Anggota Bawaslu RI memimpin peluncuran secara simbolis dengan menekan ilustrasi tombol yang ditayangkan di layar LED.

Penulis : Erni
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA