Lompat ke isi utama

Berita

Gencar Lakukan Persiapan Pengawasan Verifikasi Administrasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024, Salmon : Kita Bekerja Dengan Mengedepankan Prinsip Kolektif Kolegial

Siak Sri Indrapura - Bawaslu Kabupaten Siak terus lakukan berbagai persiapan dalam optimalisasi pengawasan verifikasi administrasi Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2024 yang dijadwalkan mulai tanggal 16 s.d 29 Agustus di KPU tingkat Kabupaten/Kota sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 260 Tahun 2022.

intens melakukan komunikasi dan diskusi baik antar internal Bawaslu Siak dan Koordinasi dengan KPU Kabupaten Siak menjadi salah satu rangkaian dari bentuk persiapan-persiapan Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Siak. Seperti halnya yang dilakukan Bawaslu Siak hari ini (Senin, 15/08/2022) kembali membahas Teknis Pengawasan Tahapan Verifikasi Administrasi di KPU Kabupaten Siak nantinya.

Melalui rapat yang rutin dilaksanakan setiap hari senin, Anggota Bawaslu Siak, Salmon Daliyoto menyampaikan agar jajaran pengawas Pemilu dapat bekerja sesuai aturan perundang-undangan serta mengedepankan prinsip kolektif kolegial

“walaupun penanggungjawabnya berada di divisi penyelesaian sengketa, namun harus kita ketahui prinsip kerja kita adalah bekerja secara kolektif kolegial dalam artian ini adalah tugas kita bersama, bukan hanya tugas divisi”. Tegasnya

Lebih lanjut salmon menyampaikan agar personil Sekretariat Bawaslu Siak untuk kembali mengecek idetitas diri untuk memastikan ketidakterlibatan sebagai anggota parpol pada link yang dibuat oleh KPU.

Selain itu, dalam forum rapat salmon meminta untuk segera dipersiapkan posko pengaduan pencatutan nama dan nik sebagai anggota parpol dalam akun sipol dan dipublikasikan ke Media Sosial.

“mohon untuk dicek kembali, karena pertama kali kita lakukan pengecekan itu pada tanggal 4 agustus kemarin, sedangkan pendaftaran baru berakhir tanggal 14 agustus pukul 24.00 wib, artinya identitas kita masih berpotensi dicatut dan terdaftar sebagai anggota parpol pada salah satu parpol yang mendaftar setelah tanggal pengecekan yang pertama tadi”. Imbuhnya

Tehadap teknis Pengawasan Verifikasi Administrasi Parpol yang akan dilakukan nantinya, Bawaslu Kabupaten Siak telah membentuk tim pengawasan verifikasi Administrasi Parpol calon Peserta Pemilu tahun 2024 yang akan bertugas mengawasi verifikator KPU Kabupaten Siak.

“hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengawasan nantinya untuk disiapkan, seperti surat tugas, atribut/id card pengawas, dan setiap yang bertugas agar membuat laporan harian catatan pengawasan yang dituangkan ke dalam form A”. Tutur Salmon.

Selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Anggota Bawaslu Siak Zulfadli mengingatkan kepada personil yang bertugas agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“ini bukan tugas yang main-main, peran kita nantinya melakukan pengawasan melekat, 1 verifikator di KPU akan diawasi oleh 1 pengawas pula. Bagi rekan-rekan yang sedang ditugaskan namun memiliki keperluan yang mendadak atau berhalangan hadir, agar dapat dikomunikasikan dan digantikan oleh rekan yang lain”. Imbuhnya

“tetap semangat dan jaga kesehatan, karena tantangan kedepan akan semakin berat, terlebih lagi pada bulan ini kita juga akan menghadapi proses rekrutmen Panwas Kecamatan yang tidak menutup kemungkinan jadwalnya berbarengan dengan Verifikasi Adminitrasi Parpol calon Peserta Pemilu tahun 2024”. tutupnya.

Penulis : Erni
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA