Lompat ke isi utama

Berita

Harapkan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Pada Pemilu 2024 Diperhatikan, Himpunan Disabilitas Muhammadiyah Riau Kunjungi Bawaslu Riau

Bawaslu Siak - Para penyandang disabilitas sebagai bagian dari warga negara Indonesia berhak terlibat aktif dalam berkehidupan politik. Pemilih penyandang disabilitas menjadi bagian penting dalam mengukur sukses tidaknya pelaksanaan pemilu.

Persoalan partisipasi penyandang disabilitas tidak bisa dilepaskan dengan persoalan fasilitas dan aksesibilitas pemilu bagi penyandang disabilitas. Atas dasar inilah, Himpunan Disabilitas Muhammadiyah Riau berkunjung ke Bawaslu Provinsi Riau, kemarin (senin, 22/08/2022). Hal ini terpantau melalui berita bawaslu riau di laman riau.bawaslu.go.id dimana dilansir dalam berita tersebut, Kunjungan ini bertujuan dalam rangka konsultasi terkait aksesibilitas Pemilu bagi disabilitas serta pendaftaran pemantau Pemilu.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Bagian Pengawasan Pemilu, Tarmizi, A.P. Pada kesempatan ini hadir langsung Ketua dan sekretaris Himpunan Disabilitas Muhammadiyah Riau, Imamil Husni dan Leni.

Pada kesempatan tersebut, Imamil sangat berharap agar Pemilu serentak tahun 2024 memperhatikan akses bagi disabilitas, terutama di tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu, Leni selaku sekretaris juga berharap agar panitia di TPS, baik itu KPPS dan Pengawas TPS lebih memperhatikan kebutuhan pemilih disabilitas dalam menyalurkan suaranya.

Bawaslu Riau tampak sangat menyambut baik kunjungan Himpunan Disabilitas Muhammadiyah Riau ini, mengingat saat ini telah memasuki tahapan Pemilu serentak tahun 2024 dan Bawaslu sedang membuka pendaftaran pemantau Pemilu. Bawaslu Riau sangat berharap Himpunan Disabilitas Muhammadiyah Riau dapat bergabung menjadi lembaga pemantau Pemilu demi mewujudkan demokrasi yang lebih baik dan bersih.

Leni selaku sekretaris juga menyampaikan niat baik untuk mendaftar sebagai lembaga pemantau Pemilu setelah semua syarat untuk mendaftar lengkap.

Selanjutnya, Tarmizi selaku Kabag Pengawasan Pemilu juga menyampaikan, Bawaslu Riau akan terus berusahan menciptakan Pemilu dan Pilkada yang lebih memperhatikan hak pilih disabilitas. Hal ini demi menjunjung tinggi asas demokrasi yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil bagi seluruh kalangan masyarakat.

Sumber : Bawaslu Provinsi Riau

Tag
BERITA