Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Siak Melakukan Pengawasan Rapid Test Terhadap Calon PPDP

SIAK – Bedasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Diesease 2019 (COVID-19), Apapun yang berkaitan dengan tahapan penyelenggaraan pilkada harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Hari ini, (10/07/2020), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak melakukan Rapid Test kepada Calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Se-Kabupaten Siak yang berjumlah 950 Calon PPDP yang tersebar di 14 Kecamatan Se-Kabupaten Siak.

Sebelum melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pilkada Siak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak melaksanakan Rapid test untuk calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Rapid test untuk calon PPDP tersebut dilaksanakan di masing-masing Puskesmas yang ada pada setiap Kecamatan.

Dalam kegiatan tersebut, Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Siak hadir untuk melakukan pengawasan rapid test terhadap Calon PPDP tersebut. Melalui sambungan Aplikasi WhatsApp (WA), Anggota Bawaslu Siak Sriyanto mengatakan bahwa pemeriksaan rapid test tersebut bertujuan untuk memastikan PPDP yang akan melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dinyatakan bebas dari virus covid-19, serta akan memberi rasa aman kepada masyarakat yang akan didatangi oleh PPDP.

Dalam kegiatan pengawasan ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak melalui Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Siak turun langsung ke lapangan untuk memantau jalannya rapid test pada masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Pasalnya salah satu kewenangan dan tugas dari Bawaslu yakni memastikan seluruh jajaran penyelenggara pemilu telah menerapkan protokol kesehatan.

Berikut dokumentasi kegiatan pengawasan Rapid Test pada masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak:

(Humas_BawasluSiak).

Tag
BERITA