Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran Pengawas Kelurahan/Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 Resmi dibuka

Zulfadli untuk Pendaftaran Pengawas Kelurahan/Desa untuk berita Pilkada Serentak Tahun 2024 Resmi dibuka

Doc.  Ketua Bawaslu Kabupaten Siak Zulfadli Nugraha Triyan Putra

SIAK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai membuka pendaftaran Calon Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pendaftaran PKD ini dibuka di seluruh Bawaslu Kabupaten se-Indonesia tak terkecuali Bawaslu Kabupaten Siak. Dibuka selama empat (4) hari, mulai Sabtu tanggal 18 sampai tanggal 21 Mei 2024. Berkas pendaftaran disampaikan pelamar melalui Sekretariat Panwaslu di setiap Kecamatan.

Salah satu bentuk keseriusan Bawaslu Kabupaten Siak dalam proses rekrutmen PKD ini yakni Bawaslu Siak menurunkan Tim untuk menebarkan Spanduk 2 (dua) titik  setiap Kecamatan se-Kabupaten Siak untuk mengajak kepada putra-putri Kabupaten Siak untuk mendaftarkan diri sebagai calon PKD. 

Diketahui di Kabupaten Siak sendiri, ada Sembilan (9) Kelurahan dan 122 Desa sehingga Bawaslu Kabupaten Siak membutuhkan sebanyak 131 PKD untuk ditempatkan masing-masing satu (1) orang di setiap Kelurahan dan Desa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Zulfadli Nugraha, membenarkan terkait adanya rekrutmen PKD ini.

dikatakannya, tahapan rekrutmen atau pembentukan PKD telah dimulai sejak tanggal 15 Mei 2024, diawali dengan pengumuman/pemasangan spanduk pemberitahuan yang disebar di setiap Kecamatan/Desa/Kelurahan se- Kabupaten Siak.

“Dan pendaftaran atau penyerahan berkas dimulai pada tanggal 18 Mei 2024. Tempat penyerahan berkas di Sekretariat Panwaslu Kecamatan. Ada 14 Kecamatan di Kabupaten Siak. Jadi silahkan mendaftar ke Sekretariat Panwaslu di masing-masing Kecamatan sesuai domisili pelamar”, terangnya.

Informasi selengkapnya dan formulir pendaftarannya, Zulfadli mempersilahkan Masyarakat untuk melihat dan download di laman website resmi siak.bawaslu.go.id dan juga memantau akun resmi Media Sosial Bawaslu Kabupaten Siak.

 

Penulis : Erni M

Editor : Suhartoyo