Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Kehadiran Pemantau Pemilu Ditengah-Tengah Proses Demokrasi, Anggota Bawalu Riau Neil Antariksa Dorong Bawaslu Kabupaten/Kota Aktif Lakukan Sosialisasi

Bawaslu Siak - Ketua, Moh Royani dan Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak, Rizki Kurniawan didampingi 2 staf hadiri Rapat Kerja Teknis Pendaftaran, Akreditasi Pemantau Pemilu tahun 2024 di Aula Bawaslu Provinsi Riau, Pekanbaru pada (Sabtu, 12/08/2022).

Sebagaimana diketahui, Peran pemantau Pemilu merupakan bagian dari keterlibatan masyarakat sipil dalam pemilu khususnya pada pemilu tahun 2024 ini. Dimana dalam konteks demokrasi, kehadiran lembaga pemantau dijamin secara konstitusional sebagaimana yang telah termaktub dalam undang-undang 7 tahun 2017 dan aturan lainnya.

Eksistensi pemantau pemilu sangat diperlukan dalam mengawal proses dan pelaksanaan pemilu bagiamana agar Pemilu tahun 2024 ini bisa berjalan secara adil, transparan, dan demokratis. kehadiran pemantau pemilu diharapkan bisa memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan sesuai dengan asas pemilu itu sendiri.

Bawaslu kabupaten/kota se-Riau diminta untuk aktif mensosialisasikan pendaftaran pemantau pemilu 2024 secara berkelanjutan, salah satunya dapat dilakukan dengan sosialisasi ke LSM., ormas atau lembaga yang independen. Demikian yang disampaikan Anggota Bawaslu Riau, Neil Antariksa saat memberi arahan sekaligus membuka kegiatan.

Lebih lanjut Neil mengatakan Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya dapat menerima berkas pendaftaran Pemantau Pemilu yang mendaftar di wilayah kerjanya, yang selanjutnya Proses verifikasi berkas administrasi dilakukan di Bawaslu Provinsi dan jika dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat akan diakreditasi oleh Bawaslu Republik Indonesia.

turut hadir dalam pertemuan ini Anggota Bawaslu Riau Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Datin Amiruddin Sijaya. Tenaga Ahli Bawaslu RI Divisi pencegahan, partisipasi masyarakat, Tohir dan dosen Univeristas Riau, hasanudin sebagai Narasumber.

Penulis : Erni
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA