Lompat ke isi utama

Berita

Peringatan 13 Tahun Bawaslu Berkiprah

SIAK - Bawaslu RI menggelar acara peringatan HUT Bawaslu Ke -13 melalui media secara Dalam Jaringan (Daring). Acara tersebut di hadiri langsung oleh Beberapa stakeholder yang hadir antara lain, Ketua DKPP, Plt Ketua KPU , Staf Ahli Kementrian Dalam Negeri serta beberapa undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh jajaran Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia mengikuti acara ini melalui aplikasi zoom meeting dan juga melalui live streaming channel youtube Bawaslu RI.

Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Siak , serta Kepala Sekretariat bersama seluruh Staf Sekretariat mengikuti perayaan HUT ke -13 Bawaslu di Kantor Bawaslu Kabupaten Siak, Jl. Panglima Ghimbam, Komplek Rumah Dinas Jabatan No. 15 Kel. Kp. Rempak, Kec. Siak - Siak Sri Indrapura.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu RI, Abhan, SH, MH mengatakan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini, maka kegiatan dilakukan sangat sederhana tanpa mengurangi makna dan arti dari Peringatan Ulang Tahun Bawaslu RI ke-13 ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Lembaga Bawaslu selama kurun waktu 13 tahun ini” Jelasnya

“Usia 13 tahun ibarat masih anak ABG, dan namanya anak ABG tentu banyak dinamika yang dihadapi, banyak visi misi dan gagasan-gagasan,serta memiliki semangat perubahan yang besar kedepannya” lanjut Abhan.

Abhan merincikan secara singkat sejarah kepengawasan. Lembaga pengawas pertama kali menjadi Bawaslu RI tahun 2008, dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007. Dan pada periode yang kedua dengan undang-undang nomor 15 tahun 2011. Kemudian sampai tingkat kabupaten dengan Undang-Undang 7 Tahun 2017.

Jalan panjang itu tidak lepas dari beberapa catatan kritikan dan masukan dari masyarakat, serta apresiasi atas kerja-kerja Bawaslu dengan fungsi-fungsinya. Ketua Bawaslu RI juga menyinggung terkait persiapan pengawasan menuju Pemilu tahun 2024.

“Pemilu 2019 terdapat 5 kotak suara, bagaimana dengan pemilu 2024? Ini menjadi tantangan kita bersama khususnya bagi Bawaslu dalam rangka untuk mengawasi pemilu tahun 2024”, tutup Abhan.

Selanjutnya berbagai ucapan selamat juga diberikan oleh berbagai stakeholder untuk Bawaslu. Apresiasi dan ucapan selamat ini tentu saja menghadirkan sikap optimis terhadap kerja Bawaslu dalam mengawasi Pemilu. (Humas_BawasluSiak)

Tag
BERITA