Lompat ke isi utama

Berita

Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tuntas, Bawaslu Siak Sampaikan Sejumlah Hasil Pengawasan

andi. pleno

Doc. Anggota Bawaslu Siak Andi Susilawan saat berikan Tanggapan Saran Perbaikan pada Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten (01/03/2024)

Siak - Bawaslu Siak memastikan pengawasan ketat di setiap tahapan Pemilu 2024, termasuk pada pleno rekapitulasi suara tingkat Kabupaten yang berlangsung mulai 28 Februari 2024 lalu

Bawaslu Siak menyampaikan beberapa catatan dan saran perbaikan selama proses pleno rekapitulasi yang berlangsung hingga tanggal 3 Maret 2024.

Bawaslu Siak memberikan beberapa saran perbaikan kepada KPU Siak terhadap data dalam pleno yang ditemukan berdasarkan singkronisasi data C Hasil dengan D Hasil Kecamatan yang diterima Bawaslu Siak

Terhadap saran perbaikan tersebut telah ditindaklanjuti oleh KPU Siak secara langsung dihadapan Saksi yang hadir.

Anggota Bawaslu Siak, Koordinator Pencegahan, Parmas, Humas Andi Susilawan mengatakan bahwa tercatat 11 (sebelas) dari 14 Kecamatan yang ditanggapi berdasarkan hasil Pengawasan Bawaslu Siak Bersama Jajarannya.

"ini adalah hasil Pengawasan kami selama proses kroscek dan validasi data Bersama sahabat-sahabat Panwascam”. Jelasnya saat dimintai keterangan oleh tim Humas Bawaslu Siak (04/03/2024).

“sengaja kami kumpulkan sahabat Panwascam sebelum pleno Tingkat Kabupaten. Ini adalah bentuk keseriusan kita untuk mengawal betul suara rakyat yang telah diberikan pada hari Pemungutan suara lalu”. Tambahnya lagi

Kenapa demikian? Karena titik rawan terjadinya kecurangan pada tahapan ini jelas berada ditingkat paling bawah terlebih dahulu, yaitu data C Hasil. Ini yang kita antisipasi, yang kita jaga, jangan sampai hal tersebut terjadi. Tegasnya. 

Rapat Pleno yang memakan waktu hingga 5 (lima) hari ini selesai pada hari Minggu, 03/03/2024. Semua saksi yang hadir telah menyepakati hasil Pleno Tingkat Kabupaten ditandai dengan pembubuhan Tanda Tangan saksi di Berita Acara D Hasil Salinan Kabupaten yang disaksikan Bawaslu Kabupaten Siak.

Selanjutnya langsung dilakukan penyerahan Berita Acara D Hasil Kabupaten ke KPU Provinsi Riau yang sampai dini hari sekira pukul 01.30 wib. Bawaslu Siak Kembali lakukan Pengawasan melekat terhadap pergeseran Berita Acara D Hasil Kabupaten tersebut untuk memastikan proses tersebut sampai di KPU Riau sesuai dengan prosedur dan regulasi yang mengatur.

Sebagai informasi, Proses Rapat Pleno Tingkat Kabupaten Siak secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan kondusif, dan selama proses Pleno berlangsung, Bawaslu Kabupaten Siak tidak menemukan adanya dugaan Pelanggaran Pemilu.

terima BA d Hasil
Doc. Pimpinan Bawaslu Siak Terima Berita Acara D Hasil Kabupaten (03/03/2024)

 

Penulis : Erni M

Editor : Andi S