Lompat ke isi utama

Berita

Sampaikan Masukan dan Tanggapan di Rakor DPB Triwulan I tahun 2022, Moh Royani ke KPU Siak : mohon untuk dapat dicermati dan ditindak lanjuti

SIAK SRI INDRAPURA –Ketua Bawaslu Kabupaten Siak Moh Royani sampaikan beberapa catatan dan masukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak terhadap proses rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I Tahun 2022 di Kabupaten Siak dalam rapat koordinasi (rakor) yang diselenggarakan pada Kamis (31/03/2022) di Aula Kantor KPU Kabupaten Siak Jl. Agraria Komp.Perkantoran Sei.betung, Siak Sri Indrapura.

Dalam kesempatannya, Moh Royani menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Siak telah memberikan masukan dan tanggapan secara tertulis kepada KPU Kab. Siak terkait data pemilih yang TMS (tidak memenuhi syarat) maupun MS (memenuhi syarat) namun belum terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap).

“terdapat sebanyak 107 Pemilih meninggal dunia, Pemilih Pemula 220 orang, Pemilih pindah domisili 40 orang, Pemilih Baru 26 orang, Pindah status TNI/Polri sebanyak 1 orang, dan pemilih pemula disabilitas sebanyak 14 orang. Dimana data ini telah kami berikan kepada kepada KPU Kabupaten Siak terkait data Pemilih pada DPB Triwulan I Tahun 2022 yang kemudian kami harapkan kepada KPU Kabupaten Siak untuk dapat dicermati dan ditindak lanjuti. Ujar Royani didepan forum Rakor.

Moh Royani berujar Masukan dan tanggapan yang disampaikan Bawaslu Kabupaten Siak ini bersumber dari hasil Uji Petik yang telah dilakukan dan juga Hasil Kerja Keras Relawan Kader Kampung Pengawasan yang telah dibentuk dan diberikan pembinaan oleh Bawaslu Kabupaten Siak.

Lebih lanjut, Moh Royani yang sekaligus menggawangi divisi Pengawasan ini mengajak kepada seluruh anggota rapat, terutama kepada partai politik yang memiliki akar rumput sampai kedesa untuk bersama-sama giat menjemput bola, seperti yang bawaslu telah lakukan sendiri disaat non tahapan telah melakukan inovasi membentuk kader relawan demokrasi untuk bersama menjaga hak pilih masyarakat

Sementara itu, Menyikapi terhadap dinamika permasalahan DPT yang ada di Kabupaten Siak, Pihak KPU Kabupaten Siak dalam mengawali rapat koordinasi tersebut mengharapkan partisipasi dari stakeholder serta Partai Politik agar merespon dan berperan serta untuk cepat tanggap terkait Daftar Pemilih agar data DPB yang dimutakhirkan menjadi lebih akurat.

Kegiatan rakor tersebut turut dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Siak, Perwakilan Kepolisian Polres Siak, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Siak, dan beberapa dari Partai Politik yang tampak hadir diantaranya Partai PBB, PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Penulis : Erni
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA