Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pemilu 2024, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Siak Hadiri Simulasi Sispamkota Polres Siak

SIAK - Ketua Bawaslu Kabupaten Siak Zulfadli Nugraha Trian Putra bersama Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Harlen Manurung menghadiri Simulasi SISPAMKOTA, di Halaman Apel Polres Siak, Selasa (17/10/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, S.IK, M.Si dan dihadiri oleh Wakil Bupati Siak, Kajari Siak, Perwakilan Pengadilan Negeri Siak, Komisioner KPU Kabupaten Siak, Perwakilan KODIM 0322/Siak, Perwakilan Satpol PP, Ketua FKUB Kabupaten Siak, Perwakilan Partai Poitik serta pejabat utama Polres Siak.

Simulasi ini digelar dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah anggota Polri dan TNI serta Satpol PP dalam mendukung pengamanan Pemilu 2024.

Dalam simulasi ini, diperagakan beberapa aksi yang dilakukan demi mengantisipasi kejadian-kejadian yang kemungkinan terjadi apabila adanya kericuhan dari satu hari menjelang pemilu hingga proses perhitungan suara.

Adapun adegan yang dilakukan salah satunya jika ada warga yang protes karena tidak terdaftar di TPS dan mengaku sebagai warga setempat, dan juga sejumlah pendukung Paslon yang tidak terima hasil perhitungan suara, serta penanganan aksi penyerangan calon presiden saat berorasi saat kampanye terbuka dan Meredam aksi Demonstrasi yang diluar kendali.

Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, S.IK, M.Si, menekankan pentingnya simulasi ini sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan Pemilu 2024, khususnya di Kabupaten Siak.

“Hari ini kita dapat melihat beberapa simulasi yang dilaksanakan, termasuk gladi posko, pungutan suara di TPS, penanganan konflik di TPS, tahapan pengendalian massa pada situasi kuning, hijau, dan merah,” katanya.

Pentingnya mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam langkah-langkah yang akan diambil juga ditekankan oleh Kapolres Siak. Hal ini termasuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sesuai dengan hukum dan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Kapolres Siak juga mengatakan bahwa untuk titik-titik rawan berdasarkan deteksi dan pemetaan telah ditetapkan, bahwa ada beberapa TPS yang Khusus.

“TPS-TPS tersebut tersebar di beberapa tempat dan sampai saat ini masih dinamis,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Siak juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam simulasi Sispamkota ini, serta menekankan pentingnya persiapan dan kesiapan personel serta memastikan kesehatan personel yang terlibat dalam operasi ini.

“Dengan adanya simulasi Sispamkota, diharapkan kesiapan aparat keamanan dalam menghadapi Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 semakin optimal, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terjaga dengan baik,” pungkas Kapolres Siak.

Penulis : Septa C
Editor : M. Andi S

Tag
BERITA