Lompat ke isi utama

Berita

Susuri Kampung terjauh, Bawaslu Kabupaten Siak Lakukan Pembekalan Bagi Pengawas TPS (PTPS) Kampung Teluk Lanus

pembekalan PTPS Teluk Lanus

Doc. Pimpinan Bawaslu Siak berikan Pembekalan kepada Pengawas TPS di Kampung Teluk Lanus (25/01/2024)

BAWASLU SIAK - Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melakukan pengawasan pada hari pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2024, ungkap Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Ahmad Dardiri  saat memberikan sambutan sekaligus arahan di Kampung Teluk Lanus Kec. Sungai Apit pada saat melakukan kunjungan ke Kampung tersebut (Kamis, 26/01/2024)

 

Kegiatan tersebut menghadirkan Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Ahmad Dardiri, M.Andi Susilawan, Ikhsan Parulian Harahap, Rizki Kurniawan Kepala Sekretariat, Suhartoyo selaku Kasubag Pengawasan Bawaslu Kab.Siak , dan staf sekretariat yang turut mendampingi, Panwaslu Kecamatan  Sungai Apit, Pengawas Kelurahan Desa Teluk Lanus dan tentunya empat orang PTPS yang baru saja dilantik pada tanggal 22 Jauari 2024. 

 

Dalam arahannya Ikhsan selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa menegaskan untuk saling bersinergitas dan saling berkoordinas dan jangan sungkan-sungkan jika ingin menanyakan apa saja terkait penugasan sebagai PTPS. 

“silahkan saja bertanya berjenjang, jika PKD tidak mampu menjawab permasalahannya maka PKD akan menyampaikan kepada Panwaslu, yang terpenting adalah bisa bersinergi dan bekerja sama”. ujarnya

 

M.Andi Susilawan Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas dalam arahannya menyampaikan bahwa menjadi PTPS adalah sebuah anugerah, sebuah kesempatan karena ini akan menjadi momen yang bersejarah dimana Pemilu tahun 2024 ini dilaksanakan secara serentak. 

“Sahabat-sahabat tergerak hatinya untuk berkontribusi pada negara dan mengabdi kurang lebih satu bulan sebagai ujung tombak di TPS. Intinya adalah, menjadi seorang PTPS harus memiliki dua hal , yaitu keberanian dan pemahaman. Karena ini berbarengan, jika kita paham maka harus berani, jika kita berani berarti kita paham”. pungkasnya 

 

Disamping itu, Ahmad Dardiri menegaskan “menjadi perhatian kita PTPS untuk sering koordinasi dengan KPPS dalam melaksanakan tugas, bapak/ibu semua harus mempunyai integritas tinggi. Kami yakin dan percaya semua Bawaslu Kabupaten Siak terkait integritas bisa menjalankan dengan baik, untuk itu kami percayakan wilayah Teluk Lanus ini kepada bapak sekalian. Dan apabila Bapak/Ibu mendapatkan tekanan baik dari pihak manapun silahkan laporkan secara berjenjang, Bawaslu Kabupaten siap menjadi garda terdepan untuk membantu bapak sekalian”. tegasnya

T.Lanus Dardiri
t.lanus Ikhsan
t.lanus andi
t.lanus Kasek

Doc. Pimpinan Bawaslu Siak saat memberikan Pembekalan Kepada PTPS Teluk Lanus, Dardiri (kiri), Ikhsan (kedua dari kiri), Andi (Ketiga dari kiri), Rizki (Keempat dari kiri)

Selain dengan penguatan dan motivasi yang disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten, Kepala Sekretariat Rizki Kurniawan juga menegaskan terkait hak dan kewajiban PTPS. 

“Segala sesuatu yang menjadi hak PTPS tidak akan berkurang sepeserpun. Hal tersebut berimbang dengan tugas atau yang menjadi kewajiban masa kerja rekan-rekan PTPS selama sebulan. Rekan-rekan PTPS nanti akan mendapatkan Bimbingan Teknis dari Panwaslu , silahkan diikuti dengan baik terkait penggunaan SIWASLU dan Form Pengawasan karena itu adalah senjata utama kita sebagai pengawas maka dari itu peran bapak-bapak semuanya sangat penting dalam pengawasan di TPS nantinya”. tutup Rizki.

Penulis : Arni Girsang

Ediotr : Andi Susilawan