Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Siak Ikuti Monev Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik

Bawaslu Siak - Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Siak menghadiri kegiatan “Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan keterbukaan Informasi Publik di Badan Publik yang berada di Provinsi Riau Tahun 2022" oleh Komisi Informasi Provinsi Riau pada Kamis, 07 Juli 2021. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Informatika dan Persandian Dinas Informatika dan Komunikasi Kabupaten Siak , Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, KONI Kabupaten Siak, PMI Kabupaten Siak, BAZNAS Kabupaten Siak,BUMD, dan perwakilan Desa se-Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan ini, Junaidi selaku Komisioner Komisi Informasi menyampaikan bahwa seluruh badan publik harus terbuka dan informatif kepada masyarakat luas serta keterbukaan informasi kepada publik dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada suatu lembaga. sekaligus Penyerahan Self-Assessment Questionnaire (SAQ) kepada Badan Publik, sebagai salah satu instrument untuk Penilaian Tahap awal Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022 (KI RIAU AWARD 2022).

Rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut merupakan penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) dan Keterbukaan Informasi pada umumnya. Serta mendorong percepatan penerapan Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik di Provinsi Riau, Khususnya Kabupaten Siak.

Tujuannya monitoring dan evaluasi (monev) yang diselenggarakan oleh KI diantaranya untuk memetakan penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Publik di Provinsi Riau, menyusun perankingan kelengkapan pemenuhan kewajiban oleh badan publik di Riau, menyusun masukan terhadap pengembangan program percepatan penerapan keterbukaan informasi publik di Riau, memberikan masukan untuk kebijakan peningkatan peran Badan Publik dalam melakukan pembinaan dan pengendalian penataan Pelayanan Informasi Publik di Provinsi Riau.

Penulis : Septa
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA