Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Siaga Pengawasan "1 Tahun Menuju Pemilu 2024", Bawaslu Siak Tegaskan Siap Kawal Ketat Tahapan Penyelenggaran Pemilu

Siak Sri Indrapura – Ketua Bawaslu Kab. Siak, Moh Royani menyatakan dengan lantang bahwa Bawaslu Kabupaten Siak bersama seluruh jajaran dibawahnya Siap Siaga dengan segala Pengawasannya untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Hal ini diucapkannya saat memberikan sambutan dalam acara Siaga Pengawasan dalam rangka 1 tahun menuju Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Kabupaten Siak hari ini, (Selasa, 14/02/2024) di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Siak pada sore hari pukul 16.00 wib.

“Atas nama Bawaslu Kabupaten Siak dan bersama seluruh jajaran, dengan ini kami menyatakan Siap mengawal ketat proses demokrasi dengan mengawasi setiap proses tahapan Pemilu tahun 2024”. Ujarnya lantang

Diketahui, Acara yang diberi nama Siaga Pengawasan ini serentak digelar di Seluruh Bawaslu se-Indonesia yang dilaksanakan tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024 yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024 sebagai bentuk Kesiapan Bawaslu Kabupaten Siak untuk mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek yang merupakan ikhtiar Bawaslu sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu agar dapat berjalan dengan LUBER dan JURDIL, yang sebagaimana telah diamanahkan oleh Undang-Undang.

Moh. Royani berharap, Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Siak nantinya dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

“Semoga Pemilu tahun 2024 dapat terselenggara dengan damai, dengan baik, jujur dan adil. Tentunya untuk mewujudkan hal ini, kami Bawaslu sangat membutuhkan dukungan dari berbagai elemen, baik itu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Siak, DPRD, Penyelenggara Pemilu KPU, Organisasi Masyarakat, unsur-unsur masyarakat sipil, dan stakeholder lainnya untuk bersama-sama menyuksesnya gelaran Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024”. Ujarnya diakhir sambutannya

Turut hadir Bupati Siak yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Siak, Arfan Usman.
Dalam sambutannya, beliau Sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang digelar Bawaslu Kab. Siak

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami sangat menyambut baik Bawaslu Siak menyelenggarakan kegiatan ini yang berdasarkan informasinya siaga pengawasan ini
Serentak digelar di seluruh Indonesia”. Ucapnya

“ini menandakan bahwa kita harus siap, siap dalam arti menerima dalam segala hal apapun, dalam tugas apapun untuk mensukseskan Pemilu 2024”. Tegasnya

“Kita melihat bahwa Bawaslu menunjukan kepada kita masyarakat Kabupaten Siak bahwa Bawaslu siap menyelenggarakan Pemilu 2024 yang dinyatakan dengan adanya pelaksanaan kegiatan hari ini”. Tambahnya.
“Tentu kita tidak bisa mengatakan kita siap kalau kita tidak berbuat, tidak merencanakannya, mengatur mulai dari titik nol sampai pada akhir pelaksanaannya”.
“Acara pada hari ini kita menunjukkan pada khalayak ramai, bahwa Bawaslu Siak siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2024”. Tandasnya

Lebih lanjut, Sekda Kabupaten Siak mengajak kepada semua pihak untuk turut bersama-sama menyukseskan Pemilu tahun 2024

“Mari bersama-sama kita jaga suasana kondusif di daerah kita, mari sama-sama kita niatkan untuk menyukseskan Pemilu serentak 2024 sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing. Mari sama-sama kita wujudkan, kita buktikan kepada daerah lain, bahwa Kabupaten Siak adalah Kabupaten yang sangat-sangat kondusif dalam segala hal termasuk pada perhelatan Pemilu 2024 nanti”. ungkapnya mengakhiri sambutannya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan ini ialah Bawaslu Kabupaten Siak melaksanakan Soft launching Aplikasi komunitas digital pengawasan partisipatif yang diberi nama “jarimu awasi pemilu” dan juga Launching Posko Kawal Hak Pilih yang dikolaborasikan dengan penampilan silat Pagar Nusa Kabupaten Siak.
Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan Pembacaan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 yang dipimpin Ketua Bawaslu diikuti seluruh tamu undangan yang dilanjutkan dengan Penandatanganan deklarasi.

Selain Sekda Kabupaten Siak, hadir dalam acara ini dari pihak Kepolisan, Kejaksaan, Dandim, kesbangpol, Disdukcapil, Kemenag, Organisasi Masyarakat, dan stakeholder lainnya serta Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Siak. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan selesai hingga pukul 17.30 WIB.

Penulis : Erni
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA