Lompat ke isi utama

Berita

Ikuti Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Bawaslu Riau, Ketua Bawaslu Siak Paparkan Hasil Pengawasan

BAWASLU SIAK - Pimpinan Bawaslu Kabupaten Siak Divisi Pengawasan Moh Royani bersama 2 (dua) orang staf pengawasan mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Riau selama 2 (dua) hari 11 s.d 12 februari 2022.

Rakor yang dilaksanakan di aula Kantor Bawaslu Riau ini dibuka oleh Anggota Bawaslu Riau Neil Antariksa dan dihadiri Anggota Bawalu Riau, Hasan. Selain itu, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI bapak DR. H Alfitra Salamm Apu juga bekesempatan hadir pada kegiatan Rakor ini.

“Data pemilih merupakan pengawasan terpanjang pada Pilkada/pemilu mulai dari Non tahapan hingga masuknya tahapan, Pemuktahiran data pemilih berkelanjutan inilah yang sedang dilakukan oleh pihak KPU, Sehingga bawaslu tetap melakukan pengawasan melekat “. ujar Neil selaku Kordiv pengawasan dan hubal Bawaslu provinsi riau saat membuka acara.

Saat dimintai memberikan sambutan, Alfitra menyampaikan bahwa pengawasan pemutakhiran Data Pemilih ini merupakan rangkaian pengawasan yang panjang.

“Data pemilih sangat berkaitan erat dengan data kependudukan yang telah tercantum di Disdukcapil. Sehingga ini menjadi rumit dikarenakan data kependudukan sering kali tidak sama dengan data di lapangan. Untuk itu disinilah peran sinergitas KPU dan Bawaslu dalam memutakhirkan data tersebut”. Tutur Alfitra.

Sebagai Anggota DKPP RI, Alfitra menghimbau “agar Bawaslu dan KPU dapat menyelesaikan setiap laporan masyarakat mengenai data pemilih selama pemutakhiran data pemilih sekecil apapun aduan tersebut. Sehingga masalah data tersebut dapat diselesaikan saat itu juga dan tidak menumpuk, sehingga tidak membesar nantinya”.

Diakhir sambutannya, ALfitra juga berpesan dalam rakor tersebut Bawaslu harus memprioritaskan pencegahan dari pada penindakan.
“selalu utamakan pencegahan, lakukan patroli web pada lembaga masing-masing dengan menyimpan data kedalam web baik pilkada maupun pemilu, karena web merupakan sumber data bagi DKPP dalam melakukan persidangan”. Tutupnya.

Rakor DPB kali ini Bawaslu Riau melakukan evaluasi terhadap hasil Pengawasan DPB yang telah dilakukan Bawaslu Kabupaten/Kota sepanjang tahun 2021. Bawaslu Kabupaten/Kota se-Riau diminta untuk memaparkan hasil Pengawasannya.

ketua bawaslu siak Moh Royani menyampaikan hasil-hasil pengawasan pada pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan yang telah dilakukan oleh bawaslu siak seperti melakukan uji petik baik dari sumber KPU maupun masukan dan tanggapan dari masyarakat yang difokuskan pada pemilih yang TMS (tidak memehuni syarat), pemilih pemula, pindah domisili, alih status dari TNI/Polri maupun sebaliknya . hal ini bertujuan agar data pemilih kedepan menjadi akurat dan valid.

Tag
BERITA