Lompat ke isi utama

Berita

Kuliah Umum Di Kampus Universitas Riau, Moh Royani Beberkan Prinsip Tugas Pengawas Pemilu

Pekanbaru - Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani berharap mahasiswa Universitas Riau khususnya Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan bersama-sama turut mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024. Hal itu dia ungkapkan saat menjadi narasumber dalam kuliah umum yang digelar oleh Laboratorium FISIP UNRI, Pekanbaru Selasa (16/11/2022).

Dalam pemaparannya, Pria kelahiran Banyuwangi 46 tahun silam ini menjelaskan tentang pentingnya pengawasan pada setiap tahapan pemilu serta mekanisme penanganan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh bawaslu.

“Prinsip tugas Pengawas Pemilu mengutamakan “CEGAH, AWASI, TINDAK”. Tandasnya”

“melakukan pencegahan sebagai upaya meminimalisir pelanggaran, mengawasi setiap berlangsungnya tahapan pada pemilu maupun pemilihan yang kemudian melakukan penindakan jika menemui atau terjadi pelanggaran sesuai dengan peraturan yang berlaku.” Jelasnya.

Selain Ketua Bawaslu Siak, Kuliah umum yang bertemakan “MENATAP PEMILU 2024 : Refleksi dari Pelaksanaan Pemilu di Provinsi Riau” juga menghadirkan Ketua KPU Provinsi Riau (Ilham Muhammad Yasir), dan Pengamat Politik (Dr. Hasanuddin) sebagai Narasumber dengan peserta yang berasal mahasiswa/i semester I, III dan IV dengan jumlah kurang lebih 260 Mahasiswa/I hadir pada kegiatan dimaksud.

Ketertarikan Mahasiswa terhadap pemahaman dunia Kepemiluan tampaknya sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan semangat dan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tersebut dengan adanya diskusi tanya jawab Bersama para Narasumber, baik dari Pihak Bawaslu, KPU, dan juga Pengamat Politik.

Dr. Harapan Tua R.F.S.M.Si selaku ketua Laboratorium FISIP UNRI dalam sambutannya sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan. Beliau menuturkan selama hampir 2 tahun kegiatan kuliah umum ini vakum dikarenakan bencana non alam pandemi covid 19 yang kemudian akhirnya kembali bangkit melakukan kegiatan besar namun dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.

Harapannya juga menyampaikan bahwa “dengan adanya kuliah umum ini mampu membangun jiwa mahasiswa/i untuk sadar akan pentingnya berperan dalam pemilu kedepan”. Ujarnya yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Tag
BERITA