Lompat ke isi utama

Berita

SAH SUDAH, BAWASLU SIAK RESMIKAN KAMPUNG PENGAWASAN

BAWASLU SIAK - Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Siak, Drs.L.Budi Yuwono yang disaksikan oleh para tamu undangan melakukan pemukulan gong sebagai tanda telah diresmikannya Kampung Pengawasan yang digagas oleh Bawaslu Kabupaten Siak, Minggu (20/03/2022)

Launching Kampung Pengawasan diselenggarakan di Kecamatan Dayun tepatnya di Kampung Sialang Sakti dan turut dihadiri oleh Anggota Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya. Bawaslu Siak juga mengundang Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak, Kepala Kemenag Kabupaten Siak, Kepala DPMK Kabupaten Siak, Kapolres Siak, Camat Dayun, KKRA Kecamatan Dayun, Perwakilan Lab IP Universitas Riau, Penghulu Kampung Sialang Sakti, dan juga para Kader yang terbentuk dan bertugas di Kampung Pengawasan.

Di kesempatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani menyampaikan ribuan terimakasih kepada kader kampung pengawasan. Dihadapan para tamu undangan beliau menuturkan siak lah yang pertama melakukan launching kampung pengawasan terbanyak setara tingkat nasional.

“Teman – teman Bawaslu lain membentuk 5,7 kampung itu sudah bersusah payah, sudah berat. Karena menyangkut anggaran. bagaimana bisa mengumpulkan kader bisa bertugas layaknya PPDP. untuk itu kami Keluarga besar Bawaslu Kabupaten Siak bersyukur sampai hari ini, Bawaslu Kabupaten Siak telah membentuk 159 kader pengawasan yang bertugas di 65 kampung di wilayah Kabupaten Siak, ini sangat luar biasa, trimakasih yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada seluruh Kader Kampung Pengawasan”. Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Riau Amiruddin sijaya turut mengapresiasi inovasi Bawaslu Kabupaten Siak
“Saya atas nama Bawaslu provinsi riau mengapresiasi kegiatan kampung pengawasan ini. Semoga saja kita tidak terjebak dengan hal-hal seremonial saja. Tetapi betul – betul kita ingin menjaga hak pilih”. Ungkapnya.
“Karena 8 unsur norma pemilu demokratis salah satunya adalah pemilih sesungguhnya. Jadi semua terlibat berdasarkan kesadaran visi dan misi, bukan karena memilih berdasarkan ikatan emosional saja, tapi berdasarkan visi dan misi”. Tambahnya.

Hal serupa turut diungkapkan oleh Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Siak. L Budi Yuwono dalam sambutannya sangat mengapresiasi program Kampung Pengawasan yang diinisiasi oleh Bawaslu Kabupaten Siak. Beliau mengungkapkan memang kita masyarakat menganggap pemilu 2024 itu masih jauh. Tetapi perlu adanya persiapan-persiapan, baik itu berdasarkan penyiapan tahapan, penyiapan data. Tentunya ini memerlukan kesiapan kita semua”. Katanya

Setelah acara launching kampung pengawasan ini, Budi Yuwono akan membahas bersama Bawaslu Siak rencana tindak lanjut terkait dengan tupoksi pemerintah terhadap kampung pengawasan ini.

Selain itu, dalam sambutannya Asisten 1 berharap dengan adanya kampung pengawasan, bisa membuat suasana lebih demokratis lagi, lebih baik lagi didalam penyelenggaraan pemilihan Pemimpin di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Pengawasan partisipatif tentunya memang dari kita semua, baik itu kader ataupun tidak sesungguhnya memilik peran yang sangat besar didalam terciptanya proses penyelenggaraan pemilu di daerah kita, semoga adanya kader kampung pengawasan tingkat pengawasan bisa lebih baik lagi, partisipasi pemilih juga lebih meningkat”. Harapnya

“Kami mengucapkan Selamat atas launching kampung pengawasan di Kabupaten Siak,, kita harapkan kedepannya Penyelenggaraan Pemilu bisa memberikan gambaran keinginan masyarakat secara keseluruhan”. Tutupnya diakhir sambutan.

Penulis : Erni Mulyati
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA