Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Riau Gelar Rakor Pengawasan Logistik

Bawaslu Riau- Pekanbaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024. Acara ini dihadiri oleh Koordinator divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan (SDM OD) dari Bawaslu Kabupaten/Kota se-Riau beserta satu orang staf sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Riau, pada Jumat (06/10/2023).

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan (SDM OD) Bawaslu Riau, Patminah Nularna mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini diadakan adalah untuk memastikan bahwa pelaksanaan pengadaan dan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dapat tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas dan efisiensi dalam pembiayaan. Adapun jenis perlengkapan yang akan di distribusikan ini tertuang pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 16 Tahun 2023 Tentang Perubahan PKPU No. 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum.

“Hal krusial dalam logistik ini adalah pendisribusiannya. Sulitnya akses menuju daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat dan air, menjadikan hal tersebut salah satu pembahasan dalam rapat ini. Selain masalah sulitnya akses pendistribusian, tentunya rapat ini juga membahas permasalahan-permasalahan lainnya seperti kualitas perlengkapan, waktu pendistribusian perlengkapan tersebut, hingga tempat penyimpanan perlengkapan itu sendiri. Hal Itu menjadi fokus kami dalam pengawasan. Oleh karena itu, rapat ini diadakan untuk mengantisipasi terulangnya permasalahan-permasalahan yang sama pada Pemilu sebelumnya, agar tidak terjadi pada pemilu 2024″, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau, Anderson menyampaikan bahwa dalam hal kesekretariatan, Sekretariat Bawaslu Provinsi dan sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota siap memfasilitasi tugas-tugas anggota Bawaslu terutama dalam hal anggaran. Anderson berharap anggota Bawaslu provinsi maupun kabupaten/kota dapat melakukan tugas tugas secara maksimal dan menjaga kesehatan, mengingat akan semakin padatnya kegiatan Bawaslu di masa yang akan datang.

Nanang Wartono, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Riau, menyampaikan bahwa pendistribusian logistik sangat minim potensi pelanggaran. Namun  melihat kembali pada pelaksanaan Pemilu 2019 lalu dimana setiap TPS mengalami kekurangan surat suara, tentunya menjadi hal yang sangat rawan. Oleh karea itu, diskusi dengan pihak lainnya harus dilakukan agar Pemilu 2024 berjalan dengan baik.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Riau, Indra Khalid Nasution,  turut hadir pada pembukaan rapat tersebut sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa pada dasarnya pengawasan merupakan tugas bersama seluruh komponen Bawaslu. Jadi, masing-masing divisi yang ada di Bawaslu Riau harus saling melaksanakan tugas secara sempurna dan melakukan evaluasi setelah pelaksanaan tugasnya.

Penulis : Rafika/Rifdo

Editor: Nurhuda

Tag
BERITA