Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas, Pimpinan Bawaslu Siak bekali Panwascam Tugas Kepengawasan Hadapi Pilkada Serentak 2024

peningkatan kapasitas 11 juni

Doc. Peningkatan Kapasitas Panwascam se-Kabupaten Siak, 11 s.d 12 Juni 2024 (Grand Royal Hotel)

Siak - Ketua Bawaslu Siak, Zulfadli menekankan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Siak untuk meningkatkan keilmuan dan pemahaman dalam pengawasan tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Dikatakannya, Pemilu dan Pilkada sedikit banyaknya sudah tentu berbeda, baik dari sisi regulasi dan juga pencalonannya.

“Secara umum, ada perbedaan antara Pemilu dengan Pilkada Siak nanti. Dalam Pemilu lebih banyak kontestan sedangkan di Pilkada hanya beberapa calon,” kata ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Zulfadli Nugraha, saat membuka acara Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu Ad Hoc bagi Panwas Kecamatan se Kabupaten Siak untuk Pemilihan serentak tahun 2024, Selasa (11/6/24) di hotel Grand Royal Siak.

Zulfadli mengatakan, secara prosedural kerja, juga mengalami perbedaan antara pengawasan di Pemilu dengan pengawasan Pilkada nantinya.

“Harapan kami, panwascam bisa mengupgrade keilmuan dan pemahaman, sehingga nanti kuat secara keilmuan dalam pengawasan Pilkada,” ucapnya

selain itu, dikatakan Zulfadli kegiatan peningkatan kapasitas ini penting untuk dilaksanakan, selain dalam rangka penyegaran untuk Panwascam existing yang terpilih kembali pada panwascam sebelumnya, dan penguatan keilmuan bagi Panwascam yang baru bergabung.

“sebagaimana yang kita ketahui, Bulan Mei kemarin, sebanyak 42 orang panwascam dilantik se Kabupaten Siak. 11 diantaranya wajah baru, tentu perlunya penguatan keilmuan dan pemahaman, selain wajah lama di panwascam agar eksisting terus terjaga,” pungkasnya
 

kasek rizki kapasitas
harlen kapasitas
zulfadli kapasitas
ikhsan kapasitas
Andi Kapasitas
dardiri kapasitas

Doc. Penyampaian Materi oleh Pimpinan dan Kepala Sekretariat Bawaslu Siak


Pada kegiatan peningkatan kapasitas ini juga dihadiri, seluruh Pimpinan Bawaslu Siak Andi Susilawan, Harlen Manurung, Ikhsan Parulian Harahap, Ahmad Dardiri serta Kepala Sekretariat Bawaslu Siak Rizki Kurniawan yang kompak hadir dan memberikan penguatan sesuai dengan tugas divisi dan bidangnya masing-masing

untuk diketahui, Peserta Kegiatan yang digelar 11 hingga 12 Juni 2024 ini  menghadirkan semua anggota Panwascam se Kabupaten Siak.

Penulis : Erni M

Editor : Suhartoyo