Lompat ke isi utama

Berita

Tadarus Pengawasan Pemilu Pada Akhir Ramadhan

SIAK - Selama bulan ramadhan 1441 H, Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menggelar tadarus pengawasan pemilu yang disiarkan secara live di akun youtube Bawaslu RI setiap hari selama bulan Ramadhan mulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.00 wib. Dalam kegiatan yang dilaksanakan berkesinambungan selama bulan ramadhan tersebut, dipandu oleh seorang Moderator dengan menghadirkan narasumber dari para Komisioner Bawaslu RI, Komisioner Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia, orang-orang yang berkompeten seperti akademisi dan berbagai aktivis organisasi pemantau pemilu, serta Tim Asistensi Bawaslu RI dengan mengangkat tema yang berbeda – beda setiap harinya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Siak, Moh. Royani menuturkan, Bawaslu RI sebagai lembaga yang tugas pokok dan fungsinya melakukan pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan menggagas program tadarus pengawasan pemilu secara daring. Hal ini tak lepas dari protokol yang diterapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar masyarakat beraktivitas di rumah.

Tadarus Pemilu online merupakan inovasi Bawaslu, Kendati Pilkada serentak 2020 diundur sebagai imbas Pandemi Corona, namun pendidikan kepada masyarakat tentang Pemilu dan pemilihan perlu tetap diupayakan dan terus ditingkatkan.

Koordiv PHL Bawaslu Siak menambahkan, semakin sering masyarakat dipahamkan maka akan semakin siap menghadapi Pemilu atau Pilkada nantinya. Ia menjelaskan, para pemateri tadarus pengawasan pemilu akan berbincang, dikusi, mencari inovasi pengawasan pemilu secara online,

“Tadarus pengawasan pemilu bagian dari sosialisasi terhadap masyarakat. Tidak hanya dari jajaran penyelenggara, tetapi juga pada masyarakat. Sebagai edukasi tentang pengawasan, pencegahan dan pelaporan atas dugaan pelanggaran dan mekanisme penyelesaian sengketa,” tuturnya dalam pers rilis yang diterima humas Bawaslu Siak Jumat (22/05/2020).

Nah, meskipun tadarus pengawasan pemilu ini sudah ditutup secara formal oleh Anggota Bawaslu RI Bapak Moch. Afifudin dalam kegiatan memperingati Nuzulul Quran Khataman Tadarus Pengawasan Pemilu di Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin 14, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2020), Namun Bagi Sahabat Bawaslu yang masih ingin berpartisipasi pada tadarus pengawasan pemilu, masih ada tadarus pengawasan pemilu edisi ke-26 pada hari ini (22 mei 2020). Sahabat Bawaslu bisa langsung mengakses di akun youtube Bawaslu RI dan dapat bertanya dan merespon dalam kolom chats dan komentar pada pukul 14.00 s/d 16.00 wib. hasil pembelajaran dari metode pembelajaran seperti ini cukup efektif, partisipasi dari masyarakat juga tinggi. Ada banyak pertanyaan yang disampaikan oleh partisipan yang selanjutnya ditanggapi oleh narasumber

https://youtu.be/Y6m9LlXgPJA

(Humas_BawasluSiak)

Tag
BERITA