Lompat ke isi utama

Berita

Bahas Strategi Pengawasan Tahapan Pengawasan Logistik, Sriyanto Tegaskan Perlu Pembinaan Dan Penguatan Yang Lebih Masif Kepada Jajaran Panwascam Hingga Pengawas TPS

Bawaslu Siak - Diskusi Demokrasi minggu ke-5 Bawaslu Kabupaten Siak kali ini membahas tentang “strategi Pengawasan tahapan Logistik”. Hadir ditengah-tengah forum diksusi Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani menceritakan bagaimana ketatnya pengawasan Bawaslu Siak pada tahapan Logistik pada Pemilu 2019 lalu Pilkada 2020. Menurutnya tahapan logistik ini wajib untuk dilakukan pengawasan secara seksama untuk memeriksa ketersediaan dan kecukupan logistik karena akan mempengaruhi kelancaran dalam penyelenggaraan Pemilu/Pilkada.

Moh Royani menjelaskan, bahwa untuk mencegah kekurangan dalam distribusi logistik ada beberapa aspek yang harus diawasi oleh bawaslu yakni proses percetakan surat suara dan sertifikat Berita Acara, proses distribusi dari percetakan ke KPU Kabupaten, proses distribusi dari KPU Kabupaten ke PPK, proses distribusi dari PPK ke PPS sampai ke TPS.

“strategi-strategi pengawasan yang kita siapkan dan terapkan dengan melakukan pemetaan kerawanan distribusi logistik, memastikan keamanan logistik, pemetaan data perlengkapan pemungutan suara menjadi catatan penting kita, sebagai masukan yang perlu disampaikan kepada KPU”. Ujarnya

Dinamika dengan berbagai macam problematika pada penyelenggaran Pemilu 2019 setiap tahapannya tampaknya masih membayangi dibenak koordinator divisi Pengawasan Bawaslu Siak ini. khususnya pada tahapan logistik yang berkaitan erat dengan kelancaran proses pungut hitung.

“Semua yang kita lakukan saat pemilu 2019 itu kita jadikan ujian bagi kita, pembelajaran sehingga pada pilkada 2020 waktu itu kita betul-betul fokus mengingat betapa pentingnya tahapan logistik ini kita perhatikan, mulai dari perencanaan sampai pada tahap pungut hitung”. Ungkapnya.

Beliau berharap melalui diskusi demokrasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan ini dapat lebih mematangkan persiapan SDM Sekretariat Bawaslu sehingga dapat bertugas secara power full dalam mengawal proses demokrasi di Tanah Melayu Bumi Lancang Kuning khususnya di Kabupaten Siak.

Turut hadir dalam diskusi anggota Bawaslu Siak Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Datin. Beliau mengatakan “pada Pemilu dan Pilkada 2024 nanti terkait pengawasan logistik ini perlu pembinaan dan pelatihan yang lebih masif lagi tidak hanya bagi Bawaslu Kabupaten Siak namun juga kepada jajaran Pengawas Kecamatan, Pengawas Kelurahan/Desa, bahkan hingga pengawas TPS. Sehingga kita memiliki pengawas-pengawas yang memiliki kapasitas yang mumpuni, yang paham betul akan tugasnya sebagai pengawas dan bekerja sesuai dengan koridor dan ketentuan yang berlaku”. tuturnya

Sesuai dengan temanya, strategi pengawasan tahapan logistik pada diskusi demokrasi menyajikan tentang isu krusial dan potensi masalah pada tahapan logistik, strategi pengawasan yang bisa diterapkan, kemudian menjelaskan juga terkait urgensi pengawasan pada tahapan logistik, dan manajemen pengawasan yang dipaparkan langsung oleh Tim Staf Bawaslu Kab.Siak.

Penulis : Erni
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA