Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Siak Bekali Panwaslu Kecamatan Teknis Penanganan Laporan Pelanggaran

SIAK – Bawaslu Kabupaten Siak menggelar Rapat Kerja Teknis (rakernis) terkait Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Siak dan Bawaslu Kabupaten Siak Dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Siak Tahun 2020 di Hotel Grand Royal, Kecamatan Siak. Pada Selasa - Rabu (15-16/8/2020). Kegiatan dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Siak Moh.Royani serta diikuti oleh Panwaslu Kecamamatan se-Kabupaten Siak.

Dalam menyampaikan materinya Koordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Siak, Ahmad Dardiri mengatakan, diharapkan Panwaslu Kecamatan mampu menindaklanjuti laporan/temuan pelanggaran.

"Setiap dugaan pelanggaran baik laporan/temuan wajib dioptimalkan oleh Panwaslu Kecamatan dan wajib tahu apa yang boleh dan tidak boleh atau dihindari selaku Penyelenggara Pemilu. Serta memproses sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

"Karena dalam penanganan pelanggaran, hanya ada dua sumbernya, pertama temuan dari jajaran pengawas dan kedua laporan dari masyarakat. Kami tentu berharap kepada masyarakat di Kabupaten Siak yang sudah mempunyai hak pilih untuk ikut memantau terhadap peserta yang akan maju di kontestasi Pilkada Siak tahun ini," lanjut Dardiri.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk menegaskan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Panwaslu Kecamatan pada Pilkada Tahun 2020 dengan mengedepankan pencegahan terlebih dahulu dengan mengantisipasi potensi pelanggaran sejak dini.

"Kami hadirkan narasumber dari lembaga lain sebagai sumplemen materi dalam proses pencegahan dan penanganan dugaan pelanggaran pada Pilbup Siak Tahun 2020," ujar Dardiri.

Diketahui, Rakernis tersebut juga dihadiri sebagai narasumber Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Ahmad Dardiri, dan 2 (dua) Anggota Bawaslu Provinsi Riau Gema Wahyu Adinata dan Neil Antariksa, Kepala Kejaksaan Negeri Siak Aliyansyah, Kapolres Siak yang diwakili oleh Kanit Tipiter Sat Reskrim Polres Siak, serta perwakilan dari FITRA Provinsi Riau Triono Hadi. (Humas_BawasluSiak)

Tag
BERITA