Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Siak Tingkatkan Kompetensi dan Kapasitas Kerja Panwaslu Kelurahan/Desa Dalam Bertugas Awasi Tahapan Kampanye Pilkada 2020

SIAK – Dalam meningkatkan kompetensi dan kapasitas kerja pengawas Ad hoc (Sementara) Panwas Kelurahan/Desa untuk Pilkada Serentak 2020, Bawaslu gelar Bimbingan Teknis Pengawasan Kampanye bagi Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Siak Dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Siak Tahun 2020.

Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Zulfadli Nugraha TP, SE yang juga selaku Kordiv. SDM dan Organisasi mengungkapkan, jajaran pengawas Ad hoc (Panwas Kelurahan/Desa) merupakan tulang punggung kerja pengawasan pemilu khsusnya pengawasan Pilkada saat ini. Dirinya mengatakan , integritas dan kompetensi wajib dimiliki oleh penyelenggara pemilu. ucap Zulfadli Saat membuka Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Grand Mempura, (03/10/2020).

Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Siak Suhartoyo, SE. menyampaikan Pelaksanaan Bimtek berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19, Karena jumlah peserta dibatasi, 131 Anggota Panwas Kelurahan/Desa dibagi 2 gelombang. Untuk gelombang Pertama dilaksanakan pagi hari jam 08.00 WIB s/d 12.00 WIB diikuti 63 Peserta (Panwas Kelurahan/Desa) yang tersebar di 7 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Siak dan untuk gelombang ke Dua dilaksanakan Siang hari Jam 13.00 WIB - 17.00 WIB dan akan di ikuti 68 Peserta yang tersebar di 7 Kecamatan lainnya se-Kabupaten Siak.

"Dalam setiap penyelenggaraan Pesta Demokrasi Pemilu maupun Pemilihan atau Pilkada, pelaksanaan kampanye adalah hal biasa dan hal ini sudah menjadi rutinitas kita, yang luar biasanya pelaksanaan tahapannya berlangsung ditengah Pandemi Covid-19", Ungkap Zulfadli.

Dalam pengawasan Pilkada 2020 di tengah pandemi virus corona tidak mudah bagi penyelenggara Pemilu. Sebab, dalam kerja-kerja pengawasan harus diselaraskan dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Pilkada di tengah pandemi bukanlah tugas yang mudah dan juga beresiko, karena kita harus mengawasi tahapan juga sekaligus harus menerapkan protokol kesehatan”. Lanjut Zulfadli. (Humas_BawasluSiak)

Tag
BERITA