Lompat ke isi utama

Berita

Penundaan Tahapan Pilkada, KPU Siak dan Bawaslu Siak Lakukan Koordinasi

Siak - Bedasarkan Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), Nomor : 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 Tanggal 21 Maret 2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 serta Surat Edaran (SE) Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 8 Tahun 2020 tanggal 21 Maret 2020 Tentang Pelaksanaan Keputusan KPU RI Nomor 179/PL.02/Kpt/01/KPU/lll/2020 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Pada hari Selasa (24/03/2020) di Kantor Bawaslu Kabupaten Siak, Jalan Panglima Ghimbam Komplek Rumah Dinas Jabatan No. 15 Sungai Betung, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. KPU Kabupaten Siak dan Bawaslu Kabupaten Siak lakukan koordinasi perihal penundaan beberapa tahapan pelaksanaan Pilkada Siak Tahun 2020 akibat dampak penyebaran virus Corona (COVID-19),

KPU Siak yang diwakili oleh Kasubbag Hukum Fresly Gunata menjelaskan tiga tahapan yang ditunda itu ialah Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan, rekrutmen PPDP, serta pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Penundaan Tahapan Pilkada tidak hanya berlaku di wilayah Kabupaten Siak, Namun secara Nasional sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid 19 yang dapat menular pada pertemuan yang melibatkan banyak orang. Saat pelaksanaan kegiatan yang menjadi tugas masing-masing penyelanggara wajib memperhatikan protokol kesehatan tentang penyebaran Virus Covid 19 dengan mulai mengatur jarak, menggunakan masker, dan penggunaan handsanitizer.

Berharap penyebaran Covid 19 dapat diatasi dengan cepat dan tepat, sehingga penyelenggaraan Pilkada 2020 dapat dilanjutkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Sep/Humas_BawasluSiak)

Tag
BERITA