Lompat ke isi utama

Berita

[Sekilas Opini] “KENALI KAMI (bawaslu) LEBIH DEKAT”

Bawaslu Siak - Sejak berakhirnya kontestasi demokrasi pada 2020 lalu khususnya di Kabupaten Siak yang ditandai dengan telah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Siak yang terpilih, hingga terbitnya keputusan KPU RI Nomor 21 tahun 2022 tentang penetapan hari dan tanggal pemungutan suara untuk Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

Yang artinya, selama kurun waktu kurang lebih 17 bulan sejak tahun 2021 hingga menuju mulainya tahapan Pemilu 2024 dapat dipastikan tidak adanya tahapan Pemilu maupun Pemilihan yang semestinya harus diawasi sebagaimana tugas dan fungsi dari Bawaslu itu sendiri. sehingga banyak pihak yang beranggapan bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu tidak mempunyai kegiatan yang secara spesifik berkaitan dengan proses Pemilu dan Pilkada.

Sering kali opini publik yang digiring ke arah negatif issue akan bisa membawa dampak buruk bagi citra sebuah organisasi tak terkecuali citra Bawaslu. namun membantah atas tuduhan-tuduhan itu, apakah sebenarnya Publik tahu apa tugas dan fungsi dari Bawaslu itu sendiri? Apakah Bawaslu perlu berkoar-koar menggaung-gaungkan disetiap sudut tempat hanya untuk menunjukkan kepada Publik, inilah kerja kami, kegiatan kami, program kami. Jawabannya, tentu tidak.

seperti yang telah tertuang dalam Peraturan Bawaslu Nomor 3 tahun 2020 terhadap Penyelenggaraan pengawasan Pemilu dan Pemilihan berdasarkan fungsinya dibagi dalam beberapa divisi dimana salah satunya ialah divisi yang membidangi Humas, Data dan Informasi.

Humas yang disebut-sebut sebagai wajah dari suatu lembaga, yang disebut-sebut sebagai garda terdepan dari lembaga memiliki peran yang sangat penting dimasa-masa seperti ini. inilah tanggung jawab kehumasan di Bawaslu yang senantiasa harus tetap eksis, harus secara sigap dan cepat tanggap. Yang tugasnya bukan hanya menyampaikan namun juga mampu meningkatkan partisipasi publik dan membuat Bawaslu di kenal oleh publik.

Peran Humas dalam memaksimalkan semua sarana media baik website maupun sosial media menjadi sasaran strategis dalam keterbukaan informasi. Beberapa bentuk kreativitas yang telah Bawaslu Siak lakukan dengan memanfaatkan Media Sosial resmi milik lembaga dengan mengupdate secara rutin kegiatan dan program melalui Website dalam bentuk berita, pendidikan politik yang didesain semenarik mungkin dalam bentuk infografis yang diunggah di Media Sosial

Berbicara soal program dan kegiatan, apa yang telah dilakukan Bawaslu Siak? Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan, MoU bersama Mitra – Mitra Bawaslu, Seminar Pendidikan dan Wawasan Kepemiluan dengan Road Show ke Kampus dan Sekolah "Bawaslu Goes to Campus dan School", Pembentukan Kampung Pengawasan. Bawaslu Siak berprinsip ini saat yang tepat bagi Bawaslu untuk terus berjuang mengawal demokrasi melalui inovasi program-program terobosan untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada 2024.

Terlepas dari itu semua, kenalilah kami (Bawaslu) lebih
dalam dengan mengunjungi laman website, mengikuti
media sosial yang kami miliki, sahabat akan menemukan,
mengetahui dan mengakui akan keberadaan kami.

Penulis : Sriyanto

Tag
BERITA