Lompat ke isi utama

Berita

Strategi Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Siak berikan Penguatan ke Jajaran Panwascam

SIAK - “Assalamu'alaikum sahabat semuanya.. Disebabkan berkurangnya intensitas pertemuan kita secara langsung serta belum maksimalnya pelaksanaan bimtek secara daring, maka divisi SDMO secara berkala akan men-share infografis tentang tupoksi pengawasan dan hal-hal lain yang dianggap perlu. Mohon agar dibaca dan dipahami serta disampaikan kepada teman-teman PKD jika itu berkaitan dengan tupoksi mereka, jika ada yang meragukan, kita buka ruang diskusi supaya semuanya memahami”, kata Fadli

Begitulah bunyi pesan salah satu Anggota Bawaslu Kabupaten Siak Zulfadli Nugraha selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi yang disampaikannya pada Grup Whatsapp Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Siak beberapa waktu lalu.

Hal ini merupakan salah satu bentuk pemberian penguatan kepada pengawas adhoc yang mesti seharusnya dilakukan, khususnya dalam melakukan pengawasan di masa pandemik. Belum maksimalnya pelaksanaan bimtek secara daring yang disebabkan karena letak geografis daerah yang mengalami kendala jaringan, perlu adanya strategi lain dari dalam hal menyiapkan materi sosialisasi dan materi penguatan kapasitas. Bawaslu harus bekerja ekstra menyiapkan semua hal dengan mempertimbangkan kondisi terkini pencegahan penularan Pandemik Covid 19 untuk memastikan kesiapan jajaran Bawaslu Kabupaten Siak dan jajarannya yakni Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Perlu diketahui, seiring dengan tahapan lanjutan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang telah dimulai tanggal 15 Juni 2020, dan surat edaran Bawaslu RI yang berisi instruksi kepada Bawaslu Kabupaten/kota untuk mengaktifkan kembali jajaran Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan dan kelurahan/desa yang sebelumnya telah dinonaktifkan oleh Bawaslu Kabupaten/kota pada tanggal 31 Maret 2020 disebabkan karena meluasnya pandemi Covid-19. Terlebih lagi Kabupaten Siak saat ini kembali masuk dalam daerah dengan kategori zona merah.

Untuk itu, dengan strategi yang tepat, maka pengawasan Pilkada 2020 yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 akan berjalan secara baik. Hal ini mutlak dimiliki, karena Pilkada tahun 2020 ini mempunyai tantangan tersendiri Dengan demikian, upaya mewujudkan Pilkada yang berkualitas, berwibawa dan bermartabat, tentu akan semakin mudah dilakukan. (Humas_BawasluSiak)

Tag
BERITA