Lompat ke isi utama

Berita

Universitas Riau Gandeng Bawaslu Siak Gelar Peningkatan Pengawasan Partisipatif Masyarakat Pada Pemilu Dan Pemilihan Serentak Tahun 2024

Siak Sri Indrapura - Sebagaimana diketahui, menyongsong Pemilu tahun 2024 ini, Bawaslu Kabupaten Siak telah melakukan kerjasama bersama Kampus Universitas Riau Prodi Ilmu Pemerintahan yang telah tertuang dalam Memorandum of Understanding atau MoU pada tanggal 20 maret 2022 lalu tentang Pengembangan Kampung Pengawasan dalam rangka Peningkatan Pengawasan Partisipatif Masyarakat Pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Sebagai bentuk implementasi atau tindak lanjut Mou tersebut, pada Sabtu (03/09/2022) dengan menggandeng Bawaslu Kabupaten Siak, Kampus Universitas Riau Prodi Ilmu Pemerintahan melakukan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Tema Peningkatan Kapasitas Kader Kampung Pengawasan di Kecamatan Koto Gasib.

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh Bapak Moh. Royani, S.IP selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Siak dan beberapa Dosen dari kampus Universitas Riau Prodi Ilmu Pemerintahan Yakni Bapak Rury Febrina S.IP., M.Si, Dra. Wan Asrida., M.Si, Drs. Ishak., M.Si, Drs. M. Y. Tiyas Tinov., M.Si, Dr. Auradian Marta., S.IP., MA, Dr. Hassanuddin., M.Si didampingi 1 Mahasiswa ilmu Pemerintahan.

dalam sambutannya ketua Bawaslu Kabupaten Siak Moh. Royani menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Siak telah melakukan kerjasama dalam bentuk MoU beberapa bulan yang lalu, kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut MOU tersebut.

“Bawaslu yang notabenenya sebagai lembaga pengawas memiliki kewajiban dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai bentuk pencegahan serta meminimalisir pelanggaran seperti yang telah diamanatkan dalam UU No 7 tahun 2017 tentang pemilu”. Ujarnya

Karena kata Royani, “masyarakat itu selain berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya pada hari pemunguatan suara, Bawaslu juga berharap masyarakat turut serta berpartisipasi aktif mengawasi proses dalam Pemilu dan Pemilihan itu sendiri”. tambahnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang penguatan pengawasan partisipatif serta peran masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu. para kader tampak sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

"Terimakasih atas kerjasamanya Para dosen UNRI yang telah memberikan Materi, pemahaman, penguatan dan keilmuan kepada para kader kampung Pengawasan ini untuk bersama-sama Mensukseskan pemilu 2024 Seperti slogan Bawaslu Yakni bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu. Harus kita implementasikan kerja-kerja Bersama melebur dengan masyarakat". Ungkap Ketua Bawaslu menutup kegiatan yang berlangsung hingga siang hari ini.

Penulis : Tari
Editor : Sriyanto

Tag
BERITA